Pengertian Intercom, RAPI, Pager, Telegraf, Telex, Faximile

   Halooo.. Hiiiii, Welcome back semuaaa ke blog saya :D, pada kesempatan ini saya ingin membahas tentang "Pengertian Intercom, RAPI, Pager, Telegraf, Telex, Faximile", semoga kalian dapat sesuatu yang baru setelah membaca ini :)


Intercom


   Merupakan kepanjangan dari Intercommunication Device atau peralatan komunikasi internal. Intercom merupakan sebuah sistem komunikasi elektronik yang ditujukan untuk pembicaraan, pengumuman, atau proses komunikasi yang terbatas. Intercom sering disebut juga Interphone atau Intertelepon. Intercom tersambung melalui kabel yang disebut kabel Beudrat. Kabel ini berfungsi untuk menyalurkan suara dari pesawat interkom yang satu ke pesawat interkom lainnya.



RAPI

   Radio Antar Penduduk Indonesia (disingkat RAPI) adalah sebuah organisasi sosial nirlaba di Indonesia yang beranggotakan pengguna perangkat radio komunikasi. Keberadaan RAPI diakui secara resmi oleh pemerintah Indonesia melalui berbagai peraturan perundang-undangan.



Standart Operating Procedure Radio Antar Penduduk Indonesia:


Pager

        Radio panggil lebih dikenal dengan sebutan pager yaitu alat telekomunikasi pribadi untuk menyampaikan dan menerima pesan pendek. Radio panggil numerik satu arah hanya dapat menerima pesan yang terdiri dari beberapa digit saja, khas layaknya sebuah nomor telepon yang digunakan penggunanya untuk menelepon.

Telegraf


   Telegraf adalah alat komunikasi yang menggunakan peralatan listrik untuk mengirimkan dan menerima sinyal sesuai dengan kode dalam bentuk pulsa listrik.

Telex

   Jaringan Telex adalah jaringan teleprinter mirip dengan jaringan telepon yang berfungsi mengirim pesan berbasis teks. Jaringan ini menyediakan media umum pertama untuk komunikasi data internasional dengan menggunakan teknik sinyal standar dan kriteria operasi yang ditetapkan oleh International Telecommunication Union.


Faximile
   Faximile dari kata fake dan similar. Arti fake adalah palsu, similar adalah mirip.

Faximile adalah mesin telekopian yang bekerja menggunakan saluran telepon yang bisa mengubahaliran listrik menjadi tulisan menggunakan kertas termal.
Kertas termal adalah kertas yang dapat berubah warna apabila terkena sengatan listrik.
Mesin fax biasanya terdiri dari modem (Modulator demodulasi) mesin scanner, fotocopy, dan printer.






Nama:Ahmad
Kelas:XI TKJ 1/STI
Pelajaran :TLJ 
Minggu ke-10(?): 28/10/2018---03/11/2018

Comments

Popular posts from this blog

Estimasi Bandwidth, Penggunaan Bandwidth

Penjelasan tentang IEEE, ANSI,TIA,ECMA,dan ITU

Alat-Alat Yang Harus Diketahui Sebelum Merakit Smartphone, Mengganti LC Power Smartphone, Membor LC Smartphone