GPU Beserta Fungsinya, Macam Macamnya, dan Kelebihan-Kekurangannya

   Pada kesempatan hari ini saya akan menjelaskana tentang " GPU Beserta Fungsinya " . Semoga bermanfaat :)

 
   Graphic Processing Unit atau disingkata dengan GPU adalah sebuah bagian dari CPU (Central Processing Unit) tambahan yang disebut dengan Processor,  yang tugas nya adalah pengolahan grafis.

 
   GPU hampir sama memiliki fungsi yang sama dengan CPU. Tapi yang membedakaannaya adalah GPU mempunyai banyak Core sedangkan CPU mempunyai beberapa Core saja. Dan yang membedakan antara dua ini dalam segi fungsi adalah GPU lebih dalam aspek Grafis , dan CPU lebih kepada Pengolahan Data , dan GPU itu mempunyai pendukung dalam panel yang berfungsi sebagai antaramuka antara user dengan Smartphone tersebut.

   Untuk pengolahan Grafis, GPU akan melakukan penelitian tiap Pixel pada layar, yang bisa mencapai Juta-jutaan. GPU memiliki kemampuan hitung yang rendah daripada CPU, tapi GPU lebih unggul dalam bidang Jumlah. dalam dunia grafis Jumlah adalah poin yang paling penting.



Macam-Macam GPU

    Mali


   Mali adalah GPU yang dibuat oleh ARM. Saat ini versi GPU Mali yang tercepat adalah Mali-G72 MP 18, tidak terlalu banyak yang makai GPU sampai saat ini. Tingkatan Produk Mali yang dari Terlambat hingga Tercepat ; Mali 400MP, Mali 450MP, Mali T628MP6, Mali T760, Mali T880, Mali-G31, Mali-G52 dan Mali-G72,  Smartphone yang telah menerapkan GPU ini adalah Samsung Galaxy S9 Plus (S9+) . Produk Mali terbaru adalah Mali-G76 yang diperkenalkan pada tahun 2018. Dan direncanakan akan keluar pada tahun 2019.


      PowerVR

    PowerVr sering digunakan pada Ipad dan Iphone, teknologi ini tidak dipakai lagi dari Iphone 6 sampai produk-produk terbaru. Versi terbaru dari GPU ini adalah PowerVR Series 7XT yang makai GPU ini adalah Apple Ipad Pro. Tingkatan GPU PowerVR untuk Iphone dari yang terlambat hingga tercepat:  PowerVR SGX535, PowerVR SGX543MP2, PowerVR SGX543MP3, PowerVR G6430.

     Tegra

    Tegra pertama kali diperkenalkan pada tahun 2008 yang dibekalkan oleh Zune HD, sayangnya mereka tidak memiliki App Store sendiri jadi tidak terlalu terkenal di pasaran. Tapi setelah dua tahun pasnya 2010 teknologi ini mulai diumumkan dan dipasarkan diberbagai Vendor yang terkenal seperti Samsung, Acer dan Lainnya. Hal ini dibuktikan dengan adanya Galaxy Tab 10.1 dan Acer Tab A200 yang memakai teknologi Tegra untuk urusan Tampilannya. Menurut Survey Tegra sendiri SoC nya sangat terkenal dengan tercepat di seluruh penjuru dunia. Tingkatan kecepatan pada Tegra dari yang terlambat sampai tercepat adalah: Tegra 2, Tegra 3 , Tegra 4i, Tegra XI . Tegra XI sendiri digunakan oleh perangkar Google Pixel C.


      Adreno

   Adreno adalah GPU yang dikembangkan oleh AMD yang merupakan anagram dari Radeon (Produk dari ATI(Akademi Teknologi Industri) ). Produk Adreno dari yang terlambat sampai tercepat adalah : Adreno 200, Adreno 203, Adreno 203, Adreno 220, Adreno 225, Adreno 230, Adreno 302, Adreno 305, Adreno 320, Adreno 330, Adreno 420, Adreno 430, Adreno 5xx series (seri terbarunya Adreno 540), Adreno 6xx series , yang paling terbaru Adreno 630, perangkat yang telah memakai teknologi ini adalah Samsung Galaxy S9, Sony Experia XZ2, Xiomi Black Shark, dan lain-lain.





MALI vs ADRENO

Kelebihan Mali:
  Satunya Teroptimasi dengan baik, Dimana Mali mempunyai Clock Speed  dan kemampuan Rendering lebih baik dari Adreno.
   Frekuensi Clock Speed yang dimiliki Mali lebih tinggi dibanding Adreno. Frekuensi Maksimumnya adalah Umumnya 1GHz, sedangkan Adreno hanya 710MHz.
   Mali mampu menggambar lebih cepat dibanding dari Adreno. Hal ini karena Rendering Mali lebih bagus dari Adreno. Misalkan Mali G71 mampu membentuk gambar hingga 27 juta pixel/detik, sedangkan Adreno 530 hanya 8 juta pixel/detik.
Kekurangan Mali:
   Satunya adalah konfigurasi yang terbatas, Umumnya Mali memiliki potensi untuk lebih kuat dibanding Adreno, tetapi dibatasi oleh Arm jadi Adreno menang dalam aspek ini.
   Kelemahan lainnya adalah Lebih cepat panas, sebabnya adalah Frekuensi yang sangat tinggi makanya cepat panas. dan banyak yang ngeluh ketika main game Smartphone cepat panas.

Kelebihan Adreno:
   Kelebihan pertamanya adalah mendukung banyak API (Application Programing Interface) terbaru. Misalkan Adreno yang sudah rilis sejak tahun 2015 mendukung OpenCL 2.0, Vulkan, dan DirectX12. Mali mungkin sudah mendukung DirectX12 tapi untuk OpenCL dukungannya baru pada Mali seri G yang diproduksi di tahun 2017.
  Performa yang lebih tinggi. Adreno mempunyai performa lebih tinggi dibanding Mali  pada chipset yang sekelas.
   Kemudian Adreno pengaturan tingkat panas yang lebih baik. Seperti digunakan untuk permainan game lebih bagus.
Kekurangan Adreno:
   Keurangannya adalah Adreno lebih mahal daripada Mali. Adreno dikembangkan sendiri oleh Qualcomm untuk mendukung Snapdragon dan biaya pengembangan tersebut tidak murah. Sedangkan chipset lainnya , membeli lisensi ARM Mali dan dijualnya lebih murah.
   Kekurangannya lainnya adalah Fillrate yang lebih rendah dibandingkan Mali. Bagian Adreno yang bertanggung jawab untuk membentuk gambar akhir terbilang lebih lemah.
    Contohnya Adreno 530 hanya memiliki kemampuan untuk membuat 600 juta segitiga (Poligon) yang dibutuhkan buat gambar 3D, sedangkan untuk Mali G71 yang kelasnya setara memiliki kemampuan 850n Juta segitiga  pada waktu yang sama.









Nama: Ahmad
Kelas: XI TKJ 1/STI
Pelajaran Basic Mobile Phone 
Month: September

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Estimasi Bandwidth, Penggunaan Bandwidth

Penjelasan tentang IEEE, ANSI,TIA,ECMA,dan ITU

Alat-Alat Yang Harus Diketahui Sebelum Merakit Smartphone, Mengganti LC Power Smartphone, Membor LC Smartphone