Media Transmisi,Koneksi Jaringan Dan Internet.

Welcome back, saya akan melanjutkan materinya pada hari ini , semoga bermanfaat :)

2. Media Transmisi 



  • Media Radiasi Elektromagnetik
   Media Radiasi Elektromagnetik adalah jika sumber data dan penerima dalam jarak jauh, maka digunakan media transmisi yaitu Media Radiasi Elektromagnetik yang dipancarkan melalui udara terbuka, misalnya adalah Gelombang Mikro(Microwave),Sistem Satelit dan Sistem Lazer,

  • Microwave (Gelombang Mikro)
   Microwave ini adalah Gelombang Radio Frekuensi tinggi yang dipancarkan oleh pemancar ke pemancar lainnya , Microwave tidak boleh dihalangi apapun (Line of Sight). Cakupannya adalah 30 KM sampai 50 KM. Digunakan relay untuk memperkuat sinyal di taruh di tengah tengah antara sumber dan penerima.


  • Satellite System (Sistem Satelit)
   Pemancar ke Satelit terus satelit tersebut memancarkan ke semua arah. Dalam Satu negara/Wilayah minimal 3 Satelit


  • Lazer System (Sistem Lazer)
   Teknologi Lazer ini sudah di gunakan tapi masih membutuhkan banyak pengembangan lagi. Dengan menggunakan Lazer ini bisa memungkinkan mengurangi pengeluaran buat biaya transmisi.


  • NETWORK
  Adalah  jaringan dari sistem Komunikasi Data yang melibatkan satu atau lebih sistem komputer tu yang dihubungkan di suatu jalur transmisi alat komunikasi yang membentuk suatu sistem.


  • Komponen Network
Jadii dalam Komponen Network itu ada dua yang pertama Node dan Link, Node adalah Perangkat yang bisa menerima input data atau menghasilkan output informasi ataubahkan keduanya, Link adalah jalan Transmisi yang menyalurkan data di antara Node.


3. Koneksi Jaringan Dan Internet

a.) LAN (Local Area Network)
  Area cangkupannya adalah wilayah lokal, menggunakan perangkat seperti Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair), Switch, HUB, Router. Contohnya adalah Warnet, komputer komputer yang saling terhubung di sekolah, atau di perusahaan, dan lain lain.
  Keuntungannnya adalah lebih irit biaya operasional, irit dalam pengunaan kabel , transfer antar Node lebih cepat , dan tidak memerlukan operator.

  Kerugiannya adalah cangkupan jaringan yang kecil dan cakupan transfer tidak luas.

b.) MAN (Metropolitan Area Network)
  Jenis Jaringan MAN lebih canggih dan lebih luas dari LAN. Kenapa disebut MAN , karena bisa menghubungkan satu jaringan komputer dari satu Kota ke Kota lain. Biasanya dibutuhkan Operator dalam suatu jaringan MAN.
  Keuntungannya MAN adalah Cakupan jaringan lebih luas, memudahkan hal yang berkaitan dengan berbisnis, keamanan jaringan lebih bagus.
   Kerugian Man adalah banyak biaya operasionalnya, bisa menjadi target para Cracker buat kepentingan pribadi, dan waktu yang dibutuhkan untuk perbaikan itu cukup lama.



c.) WAN (Wide Area Network)
  WAN adalah jenis jaringan yang lebih canggih dan lebih luas daripada LAN dan MAN, Teknologi WAN bisa menghubungkan suatu jaringan dari Negara ke Negara lain atau Benua ke Benua lainnya. WAN terdiri dari berbagai LAN dan MAN,biasanya menggunkan Kabel Fiber Optik dan juga bisa ditanamkan ditanah atau dibawah jalur bawah laut.
   Keuntungan WAN adalah wilayah cangkupannya lebih besar dari LAN dan MAN, Tukar menukar informasi jadi lebih terarah dan lebih rahasia, dan lebih mudah dalam pengembangan hal yang berkaitan dengan bisnis.
   Kerugian WAN adalah Biaya Operasionalnya Sangat banyak, lebih sering terhadap pencurian data-data  yang penting, Perawatan WAN sangatlah susah.

d.)PAN (Personal Area Network)
   
  PAN adalah jenis jaringan antara satu perangkat sama perangkat dengan jarak cangkupan yang sangat dekat.
   Contoh Perangkat PAN adalah Komputer, Laptop, Telelpon, dan TV.
   Keuntungan PAN adalah Data yang diterima bersifar rahasia, Menukar data berbentuk file, foto, dll tanpa meggunakan kabel, Tidak terggangu dengan pengguna lain, Para Hackers bisa terdeteksi  dan juga Virus untuk keamanan Data.
   Kerugian PAN adalah karena jangakauannya pendek maka tidak bisa terhubung dengan yang jauh dan banyak, bergantung dengan sinyal, tidak mengirim file banyak sekaligus yakni dengan artian harus mengirim satu per satu.



e.)Internet
   Internet adalah jenis jaringan yang global atau mendunia. Karenan Internet komunikasi dan transfer data menjadi lebih mudah. Internet adalah perpaduan dari berbagai jenis jaringan beserta Topologi dan Tipe jaringan yang selalu terkoneksi satu sama yang lain.
   Keuntungan Internet adalah Komunikasi dan berbagi data jadi lebih mudah, penyebaran ilmu pengetahuan lebih maju, dan menjadi ladang untuk memperoleh penghasilan salah satu contoh dari ini adalah pada sebuah situs yang ada banyak iklan akan mendapatkan banyak penghasilan.
   Kerugian Internet adalah Cyber Crimal menjadi lebih meluas, pornografi yang makin banyak, transaksi barang barang yang illegal seperti narkoba dan weed, dan bisa menimbulkan banyak Hoax.



f.)Wireless(Tanpa Kabel)
  Wireless adalah jenisi jaringan media transmisi data yang tidak menggunakan kabel. Medianya seperti Gelonbang radio, bluetooth, dan Microwave. Wireless bisa digunakan dalam jaringan LAN, MAN, dan WAN. Wireless dibuat untuk kebutuhan Mobilitas yang tinggi.
   Keuntungan Wireless adalah bisa terhubung ke sebuah jaringan tanpa membutuhkan kabel, diarahkan ke pengguna yang memerlukan mobilitas yang tinggi, tidak memerlukan kabel jaringan.
  Kerugian Wireless adalah transmisi data yang lambat daripada yang menggunakan kabel, memerlukan keamanan yang bagus karena orang bisa saja ngehack jaringan Wireless.




f.)Jaringan Ad HOC
  Jaringan Ad HOC adalah jenis jaringan yang terdiri dari dua perangkat Wireless yang membentuk komunikasi secara langsung antara satu perangkat dengan perangkatnya lainnya.
  Keuntungan Jaringan Ad HOC adalah praktis dalam segi jaringan, tidak membutuhkan biaya yang banyak, mudah dalam konfigurasi, tidak membutuhkan kabel sebagai media transmisi, mudah mentukar tukar data.
  Kerugian Jaringan Ad HOC adalah Jumlah jaringan yang bisa terkonek itu terbatas, transfer data sangatlah lambat.

Source: 1.) http://www.teorikomputer.com/2017/03/pengertian-fungsi-kelebihan-dan_25.html
           2.) https://furukawayui.blogspot.com/2016/08/kelebihan-dan-kekurangan-pada-jaringan.html
           3.) https://komputerminimalis.blogspot.com/2017/08/pengertian-jaringan-pan-personal-area.html


Nama:Ahmad
Kelas:XI TKJ 1/STI
Pelajaran:TLJ
MINGGU KE 7(?)=16/9/2018 ---- 22/9/2018


Comments

Popular posts from this blog

Estimasi Bandwidth, Penggunaan Bandwidth

Penjelasan tentang IEEE, ANSI,TIA,ECMA,dan ITU

Alat-Alat Yang Harus Diketahui Sebelum Merakit Smartphone, Mengganti LC Power Smartphone, Membor LC Smartphone