Perbedaan SoC (Socket on Chip), CPU, Dan Prosesor Pada Smartphone


   Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan perbedaan antara Soc , CPU, dan Prosesor pada Smartphone , semoga bermanfaat :)

System on Chip dan CPU

   CPU adalah bagian dari Smartphone yang memproses berbagai perintah, informasi dan dilanjutkan menjadi proses seterusnya.
   CPU mempunyai kedudukan sekitar 15% di Smartphone dalam bagian sistem. CPU Tidak akan bisa bekerja sendiri tanpa bantuan dari berbagai elemen seperti  Graphics Prosessing Unit (GPU), Digital Signal Processor (DSP), Image Signal Prosesor (ISP), dan Secure Processing Unit(SPU).
   Satuan CPU adalah GHz dan satuan Prosesor adalah Core.  Clockspeed atau kecepatan CPU tapi lebih sering di panggil Clockspeed itu tidak terlalu berpengaruh dalam menugkur performa Smartphone.
   Performa adalah ukuran dari seberapa cepat sistem menyelesaikan 'Tugas'. Ini tidak dinilai dari kecepatan CPU tapi dilihat dari tipe CPU, disini ada dua tipe CPU yang ada yaitu Irit(Lite) dan Bertenaga(Heavy)
   Untuk membuka apllikasi yang ringan seperti membuka aplikasi pesan, CPU Irit sudah cukup bisa mengendalikannya  sendiri, tapi buat aplikasi yang berat seperti mengedit vidio atau foto membutuhkan kekuatan CPU Bertenaga buat dapat hasil maksimum.
   Sistem yang disebut dengan "Big-Little" itu lebih efektif karena telah dibuktikannya karena membangun Smartphone kita lebih bagus karena pembagian yang jelas buat tiap tugas yang dijalankan.

Tambahan

ISP (Image Signal Processor)

   Sensor pada lensa cuman bisa dipakai buat menangkap momon itu tersebut, sementara buat menciptakan gambarannya adalah prosesor.
   Pengolah gambarnya ini bernama ISP (Image Signal Processor), Pada Qualcomm Snapdragon ISP dinamakan Spectra. ISP aadalah komponen yang menjalankan tugas yang berkaitan dengan aktivitas fotografi.
   ISP bekerja dengan Algortime. Semakin Baik kerja ISP, maka semakin cepat kemampuan Smartphone mendeteksi titik fokus objek.
   ISP juga berperan besar dalam membantu teknologi Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence. ISP bisa mengenali objek yang dibidik seperti Manusia,hewan , dan lainnya. ISP mengenali titik-titik wajah pada fitur AI Beuty yang biasa digunakan untuk Selfie
   ISP juga bertugas mempertahankan objek yang difoto semirip dengan keadaan aslinya, meski dalam keadaan gelap ataupun cahaya minim.

GPU (Grahpic Processing Unit)

   Dengan bantuan GPU (Grahpic Processing Unit) kerja CPU akan lebih ringan dan bahkan bisa mengurangi penarikan daya yang signifikan.
   GPU diibaratkan sebagai desainer atau pelukis yang mengerjakan semua tugas yang berkaitan dengan Visual. GPU lebih efesien dibandingkan dengan CPU karena  tampilan layar membutuhkan proses paralel yang terdiri dari jutaan komputasi dalam satuan detik bahkan dalam satuan milidetik.
   Semakin Bagus GPU-nya, maka grafiknya akan lebih lancar/baik. Ini menjadi perhatian gamer karena kalau semakin bagus GPU pada prosesor itu maka game yang dimainkan akan lebih ma'nyus.


DSP (Digital Signal Processor)

   DPS adalah semacam satpam yang selalu siap sedia walaupun Smartphone dalam keadaan mati atau standby
   Bila User ingin mengaktifkan fitur pengenalan suara saat Smartphone sedang mati, DPS akan bekerja dengan meneruskan perintah itu kepada asisten suara dan mengaktifkan Smartphone.
   Contoh lainnya, adalah seperti Face Recognition yang bekerja duluan adalah DPS , lain kamera depan. DPS bisa juga menjalankan fitur fitur Multimedia seperti memutar Vidio.
  DPS selalu aktif dan tidak memakan banyak daya untuk hidup.


Nama:Ahmad
Kelas:XI TKJ 1/STI
Pelajaran:Basic Mobile Phone
Month : September 

Comments

Popular posts from this blog

Estimasi Bandwidth, Penggunaan Bandwidth

Penjelasan tentang IEEE, ANSI,TIA,ECMA,dan ITU

Alat-Alat Yang Harus Diketahui Sebelum Merakit Smartphone, Mengganti LC Power Smartphone, Membor LC Smartphone