Proses Komunikasi dalam Jaringan

     Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan tentang "Proses Komunikasi dalam Jaringan", semoga bermanfaat :)

Proses Komunikasi Dalam Jaringan


   Teknologi komunikasi memungkinkan pengiriman data dari satu tempat ke tempat lainnya, adapun pentingnya itu karena:

1.) Transaksi yang terjadi berbeda lokasi, dengan tempat pengolahan datanya
2.) Kadang-kadang lebih efesien atau lebih murah untuk mengirim data dengan menggunakan                   teknologi informasi. Daripada cara dulu yang kurang efesien atau mungkin agak mahal dengan           cara  mengirim pesan secara langung makai surat.
3.) Suatu organisasi memiliki beberapapengolahan data, ada waktunya satu pengolahan data berada         dalam status sibuk maka data yang dibagi ke pengolahan  data lainnya.
4.) Alat-alat yang mahal seperti halnya Alat Pencetak Grafik, printer berkecepatan tinggi, cukup satu       lokasi sehingga akan lebih hemat.

     Transmisi data adalah proses pengiriman data dari sumber ke penerima data dengan menggunakan laptop atau media elektronik lainnya. Sumber adalah proses awal transmisi dengan menggunakan Kabel sebagai Media Transmisinya, dan Penerima adalah alat elektornik yang menagkap radiasi elektronik.

1. Tipe-Tipe Channel Transmisi :

a.) Tipe Transmisi Satu Arah (One Way Transmission) adalah arah pengiriman transmisi satu arah             dimana Sumber berfungsi hanya sebagai Pengirim Transmisi kepada Penerima dan alat Transmisi       hanya memiliki satu fungsi. Contohnya seperti Transmisi Siaran dan Televisi.

b.) Tipe Transmisi Dua Arah Bergantian (Either Way Transmission) merupakan transmisi dapat               mengalir dalam dua arah, tetapi Aliran Transmisi ini harus dilakukan secara bergantian.                       Contohnya adalah pemakaian Walkie-Talkie dimana pembicaraan harus bergantian.

c.) Tipe Transmisi Dua Arah Serentak (Both Way Transmission) tipe transmisi ini arah informasi               langsung bisa mengalir dalam dua arah sekaligus, dengan transmisi ini bisa Menerima-                       Mengirim pada saat yang bersamaan. Contohnya adalah pada HP yang bisa mengirim suara dan         sekaligus menerima suara saat bertelponan.

     Untuk mengetahui Kecepatan Transmisi Data ada 4 yaitu :


  • Super High Speed Network, Kapasitas transmisi datanya bisa mencapai 10 GBps, biasanya kategori ini dipakai perusahaan yang menggunakan jaringan komputer, teknologi yang digunakan adalah Ethernet dan Fiber Optik.
  • High Speed Network, Kapasitas transmisi data nya lebih besar dari 20 MBps. Teknologi local network yang digunakan pada kategori ini adalah bisa ATM, FDDI, 100VG-AnyLan, dan Ethernet.
  • Meduim Speed Network,  Kapasitas transmisi datanya dari 1 MBps sampai 20 MBps, biasanya perusahaan kecil yang tidak mementingkan kecepatan transper yang cukup tinggi menggunakan kategori ini,Yang bermodal untuk membuat ini adalah Ethernet, Connector RG58, Kabel Coaxial, Kabel UTP, Switch/HUB.
  • Low Speed  Network, Kapasitas transmisi datanya kurang dari 1 MBps biasanya hanya untuk percobaan di jaringan komputer saja.

     Yang terpenting dalam proses komunikasi data adalah Penggunaan Media Transmisi. Kabel akan digunakan jika jarak Sumber dan Penerima tidak terlalu jauh, penggunaan kabel biasanya buat area lokal saja. Ada 3 jenis kabel yang dipakai buat Media Transmisi;1.) Kabel Tembaga ini biasanya digunakan buat  Telepon,   2.) Coexial Cable, dan 3.) Fiber Optik Cable

  1. Kabel Tembaga ini memiliki kelemahan, yaitu sensitif terhadap interferensi dan memiliki redaman yang tinggi. Dan iya kaya tadi digunakan dalam Telponan
  2. Coexial Cable adalah kabel yang dibungkus dengan besi lembek, tingkat transmisi datanya cukup tinggi. Dan harganya cukup mahal
  3. Fiber Optik Cable adalah kabelnya terbuat dari seratus kaca (Optical Fibers) yang besar diameternya sebesat rambut manusia. Kabel ini mempunyai tingkat Transmisi Data yang tinggi, bahkan sepuluh kali cepat dari Coexial Cable.
Source: 1.) https://anantoep.wordpress.com/2009/05/20/transmisi-dengan-menggunakan-kabel-tembaga-part-1/
           2.) http://totodousapart.blogspot.com/2012/03/kecepatan-media-transmisi-jaringan.html





Nama:Ahmad
Kelas:XI TKJ 1/ STI
Pelajaran :TLJ
WEEK 6(?): 9/9/2018---15/9/2018

Comments

Popular posts from this blog

Estimasi Bandwidth, Penggunaan Bandwidth

Penjelasan tentang IEEE, ANSI,TIA,ECMA,dan ITU

Alat-Alat Yang Harus Diketahui Sebelum Merakit Smartphone, Mengganti LC Power Smartphone, Membor LC Smartphone