Layar Berteknologi IPS LCD, AMOLED, Dan TFT

    Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan tentang "Layar Berteknologi IPS LCD, AMOLED, Super AMOLED, TFT". Semoga Bermanfaat :)


IPS LCD

    Jenis layar ini banyak dipakai oleh Smartphone kelas tingkat menengah. Adapun  beberapa Smartphone dengan harga mengengah kebawah yang dibekali dengan teknologi ini, contohnya adalah Evercross Genpro X. Jadi pengertian IPS (In Plane Switching) adalah jenis layar LCD menampilkan banyak perbedaan jika dipandang dengan mata biasa. Layar dengan teknologi IPS sangat cocok untuk fotografi karena memberi hasil gambar yang sangat bagus. Contoh Smartphone yang telah menerapkan ini adalah Oppo F1s.

    Kekurangannya adalah konsumsi daya yang banyak dan pengaturan cahaya tidak bisa terlihat sempurna.

Layar AMOLED

   AMOLED (Active Matrix Organic Light Emmiting Diode) adalah jenis layar yang memakai teknolgi OLED (Organic Light Emitting Diode). Sedangkan OLED adalah sebuah benda padat yang memiliki fim yang sangat tipis yang mengandung melekul organik dan bisa menghasilkan lampu jika terdapat arus listrik. untuk jenis teknologi ini yang terbarunya adalah Super AMOLED.

   Teknologi OLED memiliki daya yang tergolong rendah dan memiliki ketajaman layar yang tergolong tinggi. AMOLED merupakan wujud dari OLED biasa yang bisa merubah setiap pixel  secara langsung dan sangat efesien untuk menjalankan aplikasi-aplikasi yang membutuhkan resolusi HD, contohnya aplikasi edit foto.

Kelebihan AMOLED:


  • Memiliki tingkat kecerahan yang tinggi.
  • Mempunyai pengaturan warna RGB, supaya hasil vidio dan foto terlihat stabil.
  • Mampu menghemay daya hingga 40%
  • Masih terlihat bersih/jernih, walaupun dibawah sinar matahari langsung.
Kekurangan AMOLED:
  
    Harga buat beli perangkat yang memakai teknologi ini cukup mahal.



Layar TFT

   TFT (Thin Film Transistor) adalah jenis layar yang memakai teknologi LCD (Liquid Crystal Display). Layar ini mampu memberikan resolusi lumayan baik dan juga bisa menampilkan jutaan warna. Layar ini termasuk mahal dan menarik daya yang banyak , dipakai buat perangkat tingkat menengah ke atas seperti; Sony Xperia E1, Lenovo A1000, VivoY55IL , dan lain lagi.

   Kelebihan layar ini adalah mempunyai tampilan layar yang tajam dan bersih/jernih dan juga menerima respon sentuhan dengan cepat , ini pas buat bermain game. Sedangkan Kekurangannya adalah memboros baterai.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Estimasi Bandwidth, Penggunaan Bandwidth

Penjelasan tentang IEEE, ANSI,TIA,ECMA,dan ITU

Alat-Alat Yang Harus Diketahui Sebelum Merakit Smartphone, Mengganti LC Power Smartphone, Membor LC Smartphone