Soal-Soal Tentang Komunikasi Suara, Komunikasi Berita dan Gambar, dan Komunikasi Data

     Halooo...... Heloooo....... Hiiiii.... kembali lagi dengan saya , pada kesempatan ini saya akan menjawab beberapa soal yang mudahan bisa bermanfaat bagi kalian semua :)

Soal:

1. Tuliskan 5 (Lima) Contoh Komunikasi Berbasis Suara!
2. Tuliskan 4 (Empat) Contoh Komunikasi Berita dan Gambar!
3. Tuliskan Komponen Sistem Komunikasi Yang Utama!
4. Sebutkan dan Jelaskan Bidang-Bidang Operasi Komunikasi Data!

Jawab:

1. a.) Komunikasi siaran radio yang dipancarkan kesegela arah dan siapapun bisa menerima Informasi tersebut. Informasi tersebut bersifat Umum. Contoh: Radio RRI
    b.) Komunikasi radio amatir, Informasi di sebarkan kesegela arah tetapi jumlah penerima dan pengirim di bataskan , Informasi ini bersifat Pribadi. Contoh: ORARI
    c.) Komunikasi radio 2 arah Informasi terbatas pada pengirim dan penerima pada frekuensi / gelombang yang sama dan jaraknya terbatas maka sifatnya pribadi dan terjaga. Contoh: Walkie-Talky
    d.) Komunikasi radio antar penduduk band hubungannya bersifat Pribadi, jaraknya terbatas dan kerahasian tidak terjamin terjaga karena pesawat penerima sistem komunikasi dapat menerima informasi yang disampaikan. Contoh: RAPI, Intercom
   e.) Komunikasi radio panggil sistem digunakan untuk memanggil penerima yang merupakan pelanggan dari pengirim, Jangkauannya terbatas. Contoh: Pager f.

2. -Komunikasi Telegraf
    -Komunikasi Telex
    -Komunikasi Faximile
    -Komunikasi Siaran T Komponen Sistem Komunikasi

3. a.) Pengirim (Tranceiver): Pihak yang mengirimkan informasi, misalnya pesawat telepon,
telex, terminal, dan lain-lain.
   b.) Media Transmisi: Media yang digunakan untuk mengirimkan ketempat penerima, misalnya kabel, udara dan cahaya.
  c.) Penerima (Receiver): Pihak yang menerima informasi, misalnya pesawat telepon, telex,
terminal, dan lain-lain.

4. a.) Bidang Data Collection: Data yang dikumpulkan dari beberapa Remote Station, disimpan pada sebuah memori dan di diolah lagi pada waktu-waktu tertentu. Contoh: Aplikasi Inventori, Penggajian.
   b.) Bidang Inquiry and Response: Pemakai dapat mengakses langsung ke file. Data yang dikirimkan ke sistem Komputer dapat langsung diproses dan hasilnya dapat segera diberikan. Contoh: Aplikasi Perbankan, Pembayaran dipertokoan.
   c.) Bidang Storage and Retrival: Data yang tersimpan dalam komputer bisa diakses kembali sewaktu-waktu oleh pihak yang berkepentingan. Contoh: Aplikasi Message Switcing dan E-Mail.
   d.) Bidang Time Sharing: Sejumlah pemakai bisa memakai sebuah program secara bersamaan. Contoh: Aplikasi pemakai sistem komputer secara bersama untuk pengembangan perangkat lunak (Software), perhitungan, rekayasa, pengolah kata (Word Processing), CAD (Computer Aided Design), dan sebagainya.
  e.) Bidang Remote Job Entry: Remote Job Terminal mengirimkan program untuk disimpan di komputer pusat dan diproses. Contoh: Aplikasi yang menggunakan peralatan sistem komputer yang tempatnya berjauhan. 
  f.) Bidang Real Time Data Processing and Process Control: Hasil proses yang dikehendaki dalam waktu yang sesuai dengan kehendakan proses tersebut (Real Time). Contoh : Aplikasi pengaturan peralatan industri, sistem kendali proses, sistem telekomunikasi.
 g.) Bidang Data Exchange Among Computer: Pertukaran data berupa program, file dan sebagainya antar sistem komputer.



Nama:Ahmad
Kelas:XI TKJ 1/STI
Pelajaran:TLJ
Minggu ke-9(?): 21/10/2018---27/10/2018

Comments

Popular posts from this blog

Estimasi Bandwidth, Penggunaan Bandwidth

Penjelasan tentang IEEE, ANSI,TIA,ECMA,dan ITU

Alat-Alat Yang Harus Diketahui Sebelum Merakit Smartphone, Mengganti LC Power Smartphone, Membor LC Smartphone